[TIPS] Kiat Cegah Dehidrasi Selama Berlibur Dengan Isotonik Bervitamin

Liburan memang menyenangkan. Tapi kalau hal itu dilakukan dengan persiapan yang matang sebelumnya, termasuk menghindari dehidrasi.

Liburan memang  dilakukan untuk bersantai dan menyegarkan pikiran. Tapi bukan berarti kita bisa begitu saja melakukannya tanpa persiapan. Justru jika tidak melakukan persiapan dengan matang, tujuan untuk bersantai dan menyegarkan pikiran bakal jadi berantakan sehingga menambah stress.

Persiapan seperti menentukan tujuan wisata, memesan tiket pesawat atau mempersiapkan fisik mobil, membawa barang-barang yang perlu, mempersiapkan uang, dan sebagainya harus dilakukan dengan baik. Namun yang paling penting di antara semua itu adalah persiapan fisik. Tujuannya jelas agar kita tidak kelelahan dan jatuh sakit.

Untuk mempersiapkan fisik, yang  perlu dilakukan adalah:
Tidur yang cukup
Sebelum berangkat, persiapkan stamina Anda untuk melakukan perjalanan panjang menuju tempat berlibur dengan tidur yang cukup.

Makan dengan gizi yang cukup
Setidaknya sepekan menjelang berangkat, penuhi asupan gizi dalam makanan Anda. Tidak lucu kalau ketika liburan datang, Anda terserang sakit.

Makanan dalam perjalanan
Untuk makan dalam perjalanan, sebaiknya membawa bekal sendiri daripada membeli di pinggir jalan karena tidak terjamin keamanannya. Jangan pula menunda jam makan karena keasyikan berlibur.

Jadwalkan jam makan rutin
Selama perjalanan berlangsung, tetap konsisten untuk menjadwalkan makan seperti situasi di rumah. Makan rutin dan bergizi, sangat penting untuk perjalanan. Membiarkan anak makan camilan tak bergizi sampai kenyang membuat daya tahan tubuhnya menurun dan mudah sakit. Maka aturlah keberangkatan setelah sarapan, makan camilan di jalan dan makan siang di suatu persinggahan, berupa bekal atau makan di restoran.

Bawa perlengakapan untuk pertolongan pertama dan obat-obatan yang kemungkinan akan Anda butuhkan.

Ketika Anda mengantuk saat mengendarai mobil, istirahatlah sejenak. Menepilah di tempat yang aman sehingga istirahat Anda pun nyaman.

Banyak minum selama di perjalanan. Terutama ketika Anda sendiri yang mengendarai mobil dan melakukan perjalanan jarak jauh, banyak-banyaklah minum untuk mencegah dehidrasi.

MENCEGAH DEHIDRASI

Saat Anda merasa haus, itu berarti Anda sudah mengalami dehidrasi. Karena itu sebelum Ada merasa haus,  minumlah secukupnya. Namun ketikan Anda beraktivitas seperti berlibur, minum air putih saja tidak lah cukup. Sebab dalam aktivitas apapun, Anda akan banyak kehilangan cairan tubuh lewat keringat, air seni bahkan lewat nafas.

Kehilangan cairan tubuh sama artinya dengan kehilangan zat-zat mineral penting seperti Natrium dan Kalium yang terkandung di dalam cairan tubuh. Maka yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengganti cairan tubuh yang hilang itu dengan minuman isotonik. Minuman ini mengandung jenis-jenis mineral tersebut sehingga tepat untuk menggantikan cairan tubuh kita yang telah hilang.

Jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam minuman isotonik harus lah memiliki kandungan seperti:
  • Vitamin C: sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah panas dalam.
  • Vitamin B: meningkatkan sel darah merah, menjaga kesehatan kulit dan sistem pencernaan.
  • Vitamin B5: membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga metabolisme
  • Vitamin B6: menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, otot, dan darah serta menjaga keseimbangan hormon.
  • Vitamin B7: menjaga kesehatan sistem saraf (stress dan depresi) serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.
  • Vitamin B12: menjaga keseimbangan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf.
  • Mineral penting lainnya yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan memperlancar peredaran darah.


Labels: Tips
Back To Top